Nasional

RADARBANUA.CO.ID – Setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19 yang telah banyak menghambat kegiatan masyarakat.

Sehingga pada pelaksanaan Haul Besar di Kalsel turut terdampak pelaksanaannya ditiadakan.Terakhir dilaksanakan pada tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2020, Haul yang ke-15.

Tahun ini Haul KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang kerap disapa Abah Guru Sekumpul, ulama besar asal Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan kembali diadakan.

Haul ini diperkirakan menjadi acara haul terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia dan sekitar 6 juta jemaah diperkirakan berhadir setiap tahunnya, jumlah jemaah yang berhadir terus bertambah setiap tahun.

Jutaan jemaah yang datang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk dari Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, bahkan ada juga yang datang dari berbagai negara di wilayah Asia Tenggara dan Timur Tengah serta Afrika Utara.

Akan tetapi, berbeda dengan Haul Guru Sekumpul sebelumnya, kali ini tidak dipusatkan ke Mushola Ar-Raudhah, kawasan Sekumpul, Kabupaten Banjar, Kalsel

Terus di mana haulnya digelar? Rencananya pada tahun ini, Haul Ke-18 Guru Sekumpul akan dipusatkan di rumah pribadi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.Lokasinya tetap di Kabupaten Banjar, Kalsel, tepatnya yaitu di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur.

Berdasar jadwal yang disampaikan ke masyarakat, Haul Guru Sekumpul akan diselenggarakan pada Kamis, 26 Januari 2023. 

Haul tahun ini disampaikan pada Konferensi Pers di kediaman Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Jalan Kertak Baru Kampung Keramat.

Jumpa pers dipimpin oleh KH Wildan Salman (Guru Wildan) dan dihadiri oleh sejumlah ulama Banua, yakni Habib Ali, KH Mukeri Yunus, Guru Supian Al-Banjari, Guru Juhran, dan Fauzan Saleh.

“Haul Akbar Guru Sekumpul akan dilakukan pada malam Jumat, tanggal 26 Januari, bertempat di kediaman Bapak Gubernur di Kampung Keramat, mudah-mudahan bisa terlaksana dengan sukses dan mudah-mudahan diterima oleh Allah SWT,” ujar Guru Wildan kepada media saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

Guru Wildan juga menjelaskan jika Haul Sekumpul di kediaman gubernur akan dilaksanakan dengan terbuka untuk umum dan akan mengundang tamu dari luar daerah.

“Kita akan mengundang tamu dari Jawa dan khususnya dari Pesantren Tebu Ireng Jombang dan, Alhamdulillah mulai pengasuh pesantrennya, mualiminnya dan pimpinan Ponpes beserta santrinya, mereka merespon dengan baik dan akan menghadirinya,” lanjutnya.

Disampaikan pula acara haul nanti boleh dihadiri dari tamu luar negeri karena ini haul untuk semua umat, “Selain itu akan hadir penceramah, KH Ahmad Mustain Syafii, ahli tafsir dari Tebu Ireng Jombang dan Insya Allah akan hadir,” tutupnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button